Categories
Bisnis

4 Kesalahan Pokok yang Baiknya Dihindari Pencari Kerja

4 Kesalahan Pokok yang Baiknya Dihindari Pencari Kerja

Mencari pekerjaan bukan perkara mudah terbukti hingga saat ini masih banyak pengangguran di database Disnaker Indonesia. Ada banyak factor mengapa jumlah pencari kerja tidak kunjung berkurang dari tahun ke tahun justru semakin bertambah. Salah satunya karena kesalahan sengaja atau tidak sengaja yang dilakukan pencari kerja berikut.

Sumber : Top Hospitality Recruiters In Dubai

Kesalahan Pokok yang Seharusnya Dihindari Para Pencari Kerja

  1. Mengirimkan Resume Lama

Resume sama seperti permulaan. Ibaratnya jika awalnya saja kamu sudah salah atau gagal, artinya kamu tidak bisa lanjut ke tahapan kedua. Agar resume yang kamu kirimkan tidak dianggap gagal atau kurang sempurna oleh tim HRD, pastikan kirim resume baru.

Sayangnya, masih banyak pencari kerja yang menyepelekan hal ini atau lupa melakukannya. Sehingga resume yang dikirimkannya merupakan model lama. Otomatis informasi krusial seperti usia yang berubah setiap tahunnya tidak akan terupgrade. Dan berbagai informasi baru lainnya.

  1. Tidak Mempersiapkan Diri Ketika Interview

Selain gagal di tahapan pertama, banyak pencari kerja yang tidak lolos tahapan kedua alias interview. Melakukan interview bagi fresh graduate mungkin bukan perkara sulit karena pertanyaan yang diajukan terkadang diluar nalar.

Tapi kamu masih bisa menghindari kondisi gugup atau terpaku ketika interview dengan belajar banyak hal. Seperti practice wawancara lebih sering dan membaca banyak pengalaman interview pencari kerja lainnya.

  1. Menyepelekan Cover Letter

Walau perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan tidak memintanya. Tidak jadi masalah untuk menyertakan cover letter di resume milikmu. Menambahkan cover letter justru memberikan banyak manfaat. Setidaknya perusahaan mengetahui alasanmu melamar pekerjaan di tempat mereka atau kepribadian yang kamu miliki.

  1. Melamar Pekerjaan Tidak Sesuai Kualifikasi

Masih banyak terjadi di Indonesia baik itu kota besar atau tidak, kesalahan melamar pekerjaan di tempat yang tidak sesuai kualifikasimu. Misalnya kamu Sarjana Hukum tapi kamu justru melamar pekerjaan menjadi guru. Atau kamu lulusan administrasi tapi justru melamar sebagai arsitek.

Perusahaan lebih menyukai pelamar kerja yang memenuhi kualifikasi mereka. Mereka tidak akan membuang waktu melihat lamaran yang kamu kirimkan jika kualifikasinya saja tidak sesuai.

Itulah empat kesalahan pokok yang sebetulnya masih bisa dihindari jika kamu bersikap bijaksana. Pastikan kamu persiapkan diri dan lamar pekerjaan sesuai kualifikasi agar cepat dipanggil interview.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *